Taurat, mengandalkan perbuatan baik

Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi. Matius 7:12

Taurat bukan bukan hanya hukum-hukum yang terdapat dalam kitab-kitab Musa. Taurat bukan hanya 613 hukum. Menurut Tuhan Yesus, motivasi yang dilandasi usaha manusia untuk memperoleh kebaikan adalah Taurat. Bila kita melakukan kebaikan karena alasan supaya memperoleh balasan kebaikan, itu Taurat. Termasuk juga bila kita melakukan sesuatu “untuk Allah” supaya Allah membalas dengan berkat atau kuasa, itu juga taurat.

Kamu lepas dari Kristus, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih karunia.Galatia 5:4

Allah menghendaki kita hidup di dalam kasih karunia-Nya. Tidak mungkin kita hidup dalam kasih karunia sekaligus dalam taurat. Harus memilih satu. Kalau orang masih percaya kepada prinsip taurat dalam berhubungan dengan Allah, dia keluar dari kasih karunia. Satu hukum dari 613 hukum taurat dijadikan dasar untuk berhubungan dengan Allah, itu lebih dari cukup untuk membuat kita keluar dari kasih karunia.

Mengapa dikatakan keluar dari kasih karunia bila mengandalkan sedikit saja taurat atau perbuatan baik untuk dibenarkan ?

pertama, sedikit saja taurat (1 dari 613 hukum saja)  atau perbuatan baik sebagai dasar pembenaran, berarti kita sedang mengatakan bahwa pengorbanan Yesus masih kurang !!!!

Kedua, tauarat sudah dibatalkan oleh kematian Yesus di kayu salib. Mengapa kita masih menggunakan hukum yang sudah Allah batalkan ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: